Oleh: stmikakba | Februari 1, 2012

Rekayasa Perangkat Lunak Monitoring Dan Evaluasi Rencana Strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015

Rekayasa Perangkat Lunak  Monitoring Dan Evaluasi Rencana Strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015

Muhammad Arafah, Jurusan Teknik Informatika

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK AKBA)

e-mail : arafah78@gmail.com

Abstrak

Setelah terpilihnya rektor Universitas Hasanuddin, maka salah satu hal yang perlu dilakukan oleh para unsur pimpinan yakni, menetukan rencana strategisnya untuk lima tahun kedepan. Setelah penentuan rencana strategis maka tahapan berikutnya yakni proses implementasi, kemudian monitoring dan evaluasi rencana strategis. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan unsur pimpinan dalam melakukan monitoring dan evaluasi rencana sasaran dan realisasi sasaran dengan mengacuh pada indikator kinekrja sasaran dari setiap program study yang ada di Universitas Hasanuddin.Sistem monitoring dan evaluasi rencana strategis ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL serta menggunakan aplikasi Visible Analyst sebagai software untuk mendesain Data Flow Diagram (DFD) untuk memodelkan sistem yang dibangun. Dalam pembuatan sistem monitoring dan evaluasi ini, terdapat beberapa tahapan yakni,  analisis dan desain pesyaratan, perancangan sistem dan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan. Dengan adanya perangkat lunak monitoring dan evaluasi rencana strategis yang berbasis web dinamis, maka akan memudahkan unsur pimpinan dalam melakukan monitoring dan evaluasi dari rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015.

Kata Kunci : Monitoring, Evaluasi, Rencana Strategis.

1.      Pendahuluan

Monitoring dan evaluasi merupakan hal yang mendasar yang tidak dapat dipisahkan dari rencana strategi Universitas Hasanuddin 2011 – 2015 (Renstra Unhas 2011-2015), karena renstra ini akan menjadi acuan terhadap berbagai macam aktivitas yang akan dikerjakan oleh rektor beserta para wakilnya selama masa bertugasnya.

Setiap lima tahun sekali atau sesaat setelah terpilihnya rektor Universitas Hasanuddin, unsur pimpinan Universitas Hasanuddin melakukan pertemuan untuk menentukan rencana strategisnya, setelah rencana strategis ditetapkan maka tahapan berikutnya yakni proses implemestasi renstra tersebut.

Untuk mengetahui sejauh mana implementasi dari rencana strategis Unhas 2011 – 2015, maka keberadaan monitoring dan evaluasi merupakan suatu hal yang sangat penting guna mengetahui sasaran yang ingin dicapai serta realisasi dari sasaran tersebut dengan mengacuh pada indikator kinerja sasaran yang telah ditetapkan.

Berangkat dari kondisi diatas, untuk memudahkan dalam pemantauan hasil proses monitoring dan evaluasi, maka dianggap perlu adanya sebuah aplikasi yang berbasis web yang nantinya akan mencatat semua sasaran dan indikator kinerja yang telah ditetapkan oleh tim perumus rencana strategi Universitas Hasanuddin 2011 – 2015 dan melakukan pencatatan terhadap setiap rencana dan realisasi sasaran dengan mengacuh pada indikator kinerja sasaran dari setiap program study yang ada di Uninersitas Hasanuddin.

2.      Tujuan

 Berdasarkan pada rumusan masalah yang telah ditentukan pada bagian sebelumnya, maka tujuan yang diharapkan dari penilitian ini adalah memberikan kemudahan bagi para stokeholder dan secara khusus kepada unsur pimpinan  Universitas Hasanuddin dalam mengakses informasi rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015 dan hasil monitoring dan evaluasinya.

3.      Manfaat

 Berikut ini merupakan manfaat yang akan diberikan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan kemudahan bagi stokeholder dan secara khusus kepada unsur pimpinan Universitas Hasanuddin dalam mengakses informasi rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 -2015 dengan berbasis web dinamis, kapan dan dimanapun mereka berada sepanjang terkoneksi ke jaringan internet.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam penerapan berbagai macam aplikasi yang berbasis web dinamis, guna menyajikan informasi yang berhubungan dengan rencana strategis berserta hasil monitoring dan evaluasinya.
  3. apat dijadikan sebagai acuan pagi para peneliti berikutnya yang ingin melakukan penelitian yang serupa pada masa yang akan datang.

4.      Metode Perancangan Sistem

Pada pembuatan perangkat lunak sistem monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015, dibuat dengan menggunakan pendekatan model air terjun (Waterfall). Adapun siklus dari model air terjun (Waterfall) ini adalah sebagaimana yang terdapat pada gambar 3.1 berikut ini.

 Gambar 1.  Proses pembuatan Perangkat Lunak

Dalam model air terjun ini, terdapat beberapa tahapan yang harus dikakukan yakni,

  1. Analisis dan Desain Pesyaratan. Pada tahapan analisis dan desain persyaratan, aktifitas yang dilakukan yakni, menentukan layanan, batasan dan tujuan sistem, kemudian didefinisikan secara rinci yang nantinya akan berfungsi sebagai spesifikasi sistem.
  2.  Perancangan Sistem dan Perangkat Lunak. Pada tahapan perancangan dan perangkat lunak, hal yang dilakukan yakni menspesifikasikan proses perancangan sistem mejadi dua bagian yakni persyaratan sistem perangkat keras dan persyaratan sistem perangkat lunak. Sedangkan untuk perancangan perangkat lunak dilakukan proses identifikasi dan abstraksi sistem perangkat lunak yang mendasar beserta keterhubungannya.
  3. Implementasi dan Pengujian Unit. Aktifitas yang dilakukan pada tahapan ini yakni, implementasi hasil perancangan perangkat lunak kedalam bentuk serangkaian program atau unit program. Selanjutnya dilakukan pengujian terhadap program atau unit program yang telah dibuat untuk memastikan bahwa setiap program atau unit program telah memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan.
  4. Integrasi dan Pengujian Sistem. Pada tahapan ini, aktifitas yang dilakukan yakni mengintegrasikan program atau unit program menjadi sebuah sistem yang utuh, lalu dilakukan proses pengujian terhadap sistem yang sudah utuh tersebut guna memastikan bahwa persyaratan sistem telah dipenuhi.
  5. Operasi dan Pemeliharaan. Pada tahapan operasi dan pemeliharaan, hal yang dilakukan yakni proses upload file sistem yang telah jadi ke server yang terkoneksi kejaringan internet 24 jam sehari. Setelah proses upload selesai dilakukan, maka selanjutnya di informasikan ke pengguna untuk mengoperasikan nya atau memakainya. Selanjutnya dilakukan proses pemeliharaan dengan cara mengumpulkan informasi koreksi dari berbagai error yang ditemukan oleh pengguna sistem, yang tidak ditemukan pada tahapan tahapan sebelumnya, untuk kemudian dilakukan perbaikan atas implementasi sistem atau di lakukan aktifitas pengembangan sistem dengan menambahkan persyaratan persyaratan baru.

5.      Perancangan Sistem

Perancangan sistem perangkat lunak untuk monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015, didalamnya terdapat beberapa aktifitas perancangan yang dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut,

5.1. Diagram Konteks

Diagram konteks atau data flow diagram level 0, menggambarkan sistem secara umum, pada diagram konteks untuk monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015, didalamnya terdapat tujuh external entity yaitu, unsur pimpinan Universitas Hasanuddin yang meliputi rektor dan para wakil rektor, tim perumus, tim monev, program study, fakultas dan administrator dan user biasa. Adapun gambar diagram konteksnya adalah sebagai berikut.

Gambar 2. Diagram Konteks

 5.2. Data Flow Diagram

Data flow diagram level 1 merupakan proses utama yang menyusun keseluruhan sistem monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015, dimana didalamnya terdapat simbol proses yang lebih dari satu serta ada penambahan data storage yang menujukkan banyaknya tabel yang digunakan dalam pembuatan perangkat lunak ini.

Gambar 3. Data Flow Diagram Level 1

5.3. Arsitektur Sistem

  1. Arsitektur sistem dari monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015, dirancang untuk dapat diimplementasi pada jaringan yang berbasis intranet maupun jaringan internet, adapun gambar dari arsitektur sistemnya adalah sebagai berikut.

 Gambar 4. Arsitektur Sistem

Berikut ini merupakan penjelasan dari komponen arsitektur monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin.

a.       Database

Database digunakan sebagai wadah untuk menampung data dari system monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin.

b.      Database Server

Database server merupakan database management system (DBMS), yang menyediakan layanan akses data serta kemampuan manajemen.

c.       Application Server

Application server memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemrosesan logika dan menekankan aturan bisnis, serta memiliki kewenangan untuk memelihara daerah manajemen dan sesi logika kontrol yang dibutuhkan oleh system transaksi on-line.

d.      Web Server

Web server berfungsi untuk memproses permintaan client dan mengirimkan kembali ke halaman HTML.

e.       Web Browser (Pengguna)

Web browser merupakan aplikasi yang tersedia pada perangkat yang dimiliki oleh pengguna untuk mengakses layanan yang disediakan oleh webserver.

5.4. Relasi Antar Tabel

Berikut ini merupakan gambaran dari relasi antar tabel yang terdapat pada database sistem monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin untuk tahun 2011 sampai dengan tahun 2015.

Gambar 5. Relasi Antar Tabel

5.5. Implementasi Sistem

Pada implementasi sistem monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin, terdapat beberapa klasifikasi akses untuk masuk ke sistem, dimana setiap level memiliki hak akses yang berbeda, adapun klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut:

1.     Tampilan Untuk User Biasa

Berikut ini merupakan tampilan awal yang akan muncul pada situs monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin di akses, tampilan ini tidak membutuhkan username dan password untuk mengaksesnya, tampilan ini peruntukannya untuk pengunjung atau user biasa.

Gambar 6. Tampilan menu utama untuk user biasa

2.     Tampilan Untuk Unsur Pimpinan

Untuk masuk ke akses unsur pimpinan dalam hal ini rektor dan para wakil rektor, maka harus memasukkan username dan password, jika username dan password diterima maka akan tampil gambar berikut ini.

Gambar 7. Tampilan menu utama untuk unsur pimpinan

3.     Tampilan Untuk Fakultas

Dekan dari setiap fakultas yang ada di Universitas Hasanuddin, memiliki akses untuk masuk kesistem, tapi fakultas dibatasi aksesnya pada program study yang ada dibawahnya. Berikut ini merupakan tampilan untuk login sebagai fakultas,

Gambar 8. Tampilan menu utama fakultas

4.     Tampilan Untuk Prody

Program study, memiliki akses masuk kesistem, hanya akses dari prody dibatasi pada link tertentu saja. Berikut ini merupakan tampilan utama bagi prody jika berhasil login ke sistem.

Gambar 9. Tampilan menu utama prody

5.     Tampilan Untuk Tim Monev

Tim monev (monitoring dan evaluasi), memiliki akses untuk masuk kesistem, terdapat beberapa menu yang bisa diakses oleh tim monev diantaranya, menu tampil, menu cari, menu rekap, menu proses dan menu log out. Adapun tampilan utama dari tim monev adalah sebagai berikut.

 Gambar 10. Tampilan menu utama tim monev

6.     Tampilan Untuk Tim Perumus

Tim perumus dari Universitas Hasanuddin juga memiliki akses untuk masuk kesistem dengan batasan akses yang telah ditentukan, adapun menu utama dari tim perumus setelah berhasil login adalah sebagai berikut.

 Gambar 11. Tampilan utama untuk tim perumus

7.     Tampilan Untuk Administrator.

Pada menu administrator, terdapat beberapa pilihan, yang merupakan gabungan dari beberapa user, dimana administrator memiliki akses yang tidak terbatas pada sistem ini, adapun tampilan utama dari administrator jika berhasil login ke sistem adalah sebagai berikut.

  Gambar 12. Tampilan utama untuk administrator

 6. Penutup

 6.1  Kesimpulan

    Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

1.        Rekayasa perangkat lunak untuk monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015, dibuat dengan menggunakan model air terjun (waterfall), dalam mengakses perangkat lunak ini terdapat tujuh klasifikasi pengguna, yakni user biasa, unsur pimpinan, fakultas, program study, tim monitoring dan evaluasi, tim perumus dan administrator.

2.        Perangkat lunak monitoring dan evaluasi rencana strategis Universitas Hasanuddin 2011 – 2015, di buat dengan berbasis web, sehingga dapat diimplementasi pada jaringan intranet maupun jaringan internet. Sehingga para stakeholder dapat mengaksesnya tanpa ada batasan geografis, kapan dan dimanapun , sepanjang terkoneksi kejaringan internet.

3.        Perangkat lunak monitoring dan evaluasi rencana strategis ini, dibuat dengan menggunakan dua pendekatan layanan, yakni layanan yang berjalan disisi server dan layanan yang berjalan disisi client. Aplikasi yang berjalan disisi server yakni PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai media penyimpanan datanya serta Aphace sebagai web servicenya. Sedangkan aplikasi yang berjalan disisi client yakni tag HTML, javascript dan CSS.

6.2  Saran

Pada pembuatan rekayasa perangkat lunak monitoring dan evaluasi rencana strategis ini, fokus pada pengkajian dan pembuatan aplikasinya untuk sasaran beserta indikator kinerja sasaran dari semua program study yang ada di Universitas Hasanuddin, untuk pengembangan kedepan perlu adanya pengkajian dan pembuatan aplikasi untuk program kerja beserta indikator kinerja dari setiap program kerja yang telah ditentukan. Sehingga nantinya dapat menjadi perangkat lunak yang lebih baik kedepannya dan dapat dijadikan sebagai aplikasi monitoring rencana strategis yang sempurna.

Daftar Pustaka

  1. Hedwig Rinda, 2007, Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi Monitoring dan Evaluasi Internal, Graha Ilmu, Yogyakarta.
  2. Indrajit Eko, 2006, Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Andi, Yogyakarta.
  3. Komputer Wahana, 2003, Seri Panduan Lengkap Pemrograman HTML 4.1, , Andi, Yogyakarta.
  4. Komputer Wahana,2006, Pengelohan Database dengan MySQL, Andi, Yogyakarta.
  5. Kadir Abdul,2008, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Andi, Yogyakarta.
  6. Prasetyo Iis, 2008, Definisi Monitoring dan Evaluasi, http://iisprasetyo.blogspot.com/2009/06/definisi-monitoring-dan-evaluasi.html, Tanggal Akses: 20 November 2010
  7. Ramakrishnan Raghu, 2003, Sestem Manajemen Database Edisi 3, Andi, Yogyakarta.
  8. Umar Husain,2010, Desain Penelitian Manajemen Strategik, Rajawali Press, Jakarta.
  9. Wijatno Serian, 2009, Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif, dan Ekonomis Untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan dan Mutu Lulusan,  Salemba Empat, Jakarta.
  10. Wiswakarma Komang,2009, Membuat Katalog Online Dengan PHP & CSS, Lokomedia, Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: